Pemasaran tradisional biasanya fokus pada satu transaksi pembelian dari pembeli. Satu pembelian dari satu pelanggan dimaknai sebagai keberhasilan pemasaran. Tetapi persaingan yang semakin sengit  ditambah dengan globalisasi menjadikan perlunya menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Perusahaan harus terus hidup, perusahaan harus terus mendapatkan pendapatan dan pendapatan juga harus mendapatkan keuntungan dari tahun ke tahun. Bahkan seiring dengan kenaikan biaya terutama biaya kenaikan gaji karyawan, maka keuntungan perusahaan harus juga naik dari tahun ke tahun.

Di sisi lain mendapatkan pelanggan baru mahal harganya, apalagi kalau pelanggan tersebut sudah setia menggunakan produk dari pesaing. Untuk mendapat pelanggan baru atau merebut pelanggan kita harus melakukan serangkaian aktivitas pemasaran seperti iklan untuk pengenalan produk dan edukasi pasar. Belum lagi iklan untuk menyakinkan bahwa produk kita lebih banyak memberikan manfaat dibandingkan produk dari pesaing.

Dari penjelasan di atas maka kita perlu menjaga hubungan jangka penjang dengan pelanggan. Layanan pelanggan yang baik dapat menjaga hubungan dengan pelanggan. Pengembangan produk-produk yang baru untuk dijual melayani pelanggan juga dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan pemasukan perusahaan.

Perusahaan perlu merancang produk-produk lanjutan sesuai kebutuhan pelanggan. Kalau kita melihat industri otomotif, maka industri otomotif melanjutkan layanannya dengan menyediakan service berkala. Dengan service berkala ini memberikan kenyamanan pelanggan mengenai kepastian kinerja mobilnya dan di sisi lain memberikan kelangsungan pendapatan perusahaan.

Perusahaan software house juga dapat memberikan layanan tambahan misalnya kontrak support dan juga layanan remote backup untuk memastikan aplikasi perusahaan dapat digunakan dengan baik dan juga perlindungan jika terjadi bencana alam tak terduga.

Jasa web design juga perlu menambahkan layanan web hosting dan maintenance supaya perusahaan merasa nyaman ada yang mengurus websitenya dan juga perusahaan web design memperoleh pendapatan yang berkelangsungan dari tahun ke tahun.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Nilai dari hubungan jangka panjang dengan pelanggan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday