Sebelum kita melakukan instalasi Moodle tentu kita perlu mengetahui apa-apa saja yang diperlukan dalam aplikasi Learning Management System Moodle ini. Secara umum kita tentu membutuhkan perangkat keras, perangkat lunak dan tentu saja jaringan internet untuk mengaksesnya.

Perangkat keras atau virtual machine minimum yang baik adalah Processor 2 Ghz dengan RAM 2 GB. Sistem operasi yang dianjurkan adalah Linux Centos 7.  Moodle ini menggunakan bahasa pemrograman PHP,  database MySQL dan webserver Apache. Untuk keperluan kita bisa menggunakan Bitnami LAMPP yang bisa didownload di https://bitnami.com/stack/lamp/installer .

Untuk keperluan instalasi Moodle ini kita harus menggunakan server atau virtual server sendiri dan tidak dapat mengandalkan shared hosting. Kita tidak dapat mengandalkan shared hosting karena akan ada kemungkinan keterbatasan seting yang diperlukan agar aplikasi Moodle dapat berjalan dengan lancar. Karena itu silahkan menggunakan server fisik sendiri atau virtual server di mana kita mudah instal LAMP (Linux Apache Mysql PHP) dengan mudah.

Versi PHP minimum yang diperlukan pada saat artikel ditulis ini adalah PHP 7.1.0 untuk mejalankankan Moodle 3.8.  Minimum MySQL yang digunakan adalah MySQL 5.6 .

Kita kemudian akan menyiapkan dua folder

  1. Folder untuk instalasi aplikasi yang merupakan root folder dari web server.
    Kita mendowload Moodle kemudian kita letakkan di sini
  2. Folder untuk menaruh data, letaknya di luar folder untuk aplikasi

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1.  https://docs.moodle.org/38/en/Installing_Moodle .
2. https://docs.moodle.org/dev/Moodle_3.8_release_notes#Server_requirements .
3. https://docs.moodle.org/dev/Moodle_and_PHP .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Persiapan instalasi Moodle