Supaya perusahaan tetap sehat bertumbuh dalam menjalankan usahanya maka perusahaan perlu mencegah penyalahgunaan aset perusahaan. Untuk mencegah pencurian aset perusahaan atau penyalahgunaan yang lain maka perlu menerapkan pengawasan internal.

Pengawasan internal perusahaan dengan Odoo CE meliputi pada area-area berikut ini:

  1. Pesanan Pembelian atau Purchase Order
    Untuk mencegah adanya konspirasi antara bagian pembelian dengan vendor maka proses pembelian harus melalui approval.  Cara pembuatan approval pada pembelian bisa meniru pada https://www.proweb.co.id/articles/odoo-umkm/community-approval.html .
  2. Penerimaan barang atau Receipt
    Untuk memastikan barang yang kita terima dari vendor benar-benar sesuai kualitas yang dijanjikan maka penerimaan perlu melibatkan lebih dari satu orang. Di sini kita perlu menerapkan dua langkah penerimaan barang seperti dijelaskan pada https://www.proweb.co.id/implementasi-odoo/inventory/dua-langkah-terima/.
  3. Pembayaran tagihan dari vendor
    Untuk memastikan kebenaran dari tagihan vendor maka ada staf keuangan yang melakukan verifikasi tagihan vendor dan ada staf lain yang melakukan pembayaran. Kedua staf ini tidak boleh ikut menangani pembelian.
  4. Pesanan penjualan atau sales order
    Untuk memastikan harga yang diberikan sesuai dengan kebijakan perusahaan maka perlu adanya approval dalam sales order. Sales Order approval ini bisa dilihat pada halaman https://www.proweb.co.id/articles/odoo-umkm/community-approval.html .
  5. Pengiriman barang ke pelanggan
    Untuk memastikan kebenaran dan keakuratan dalam pengiriman barang ke pelanggan maka perusahaan perlu melihatkan lebih dari satu orang supaya bisa saling melakukan pengecekan satu dengan yang lain. Di sini kita dapat menerapkan dua langkah pengiriman seperti dibicarakan pada https://www.proweb.co.id/implementasi-odoo/inventory/do-two-steps/ .
  6. Penagihan pelanggan dan pembayaran pelanggan
    Supaya tidak ada penyalahgunaan uang pembayaran pelanggan maka perlu ada staf yang khusus menagih pelanggan dan ada staf lain yang memasukkan data pembayaran. Kedua staf ini tidak boleh ikut menangani penjualan.
  7. Pengajuan expense
    Supaya ada pengawasan dalam pengeluaran expense-expense perusahaan maka ada proses pengajuan dan pembayaran. Pengajuan reimburse karyawan dapat dipelajari di https://www.proweb.co.id/articles/odoo-community-manufacturing/pengajuan-reimburse.html .
  8. Perpindahan barang antar gudang
    Perpindahan antar warehouse perlu menerapkan sistem transit. Sistem transit otomatis dapat dilihat pada https://www.proweb.co.id/articles/odoo-umkm/serah-terima.html .
  9. POS atau Point of Sales
    Untuk memastikan harga yang diberikan sesuai dengan kebijakan perusahaan maka staf POS tidak bisa mengubah harga. Berkaitan dengan penerimaan pembayaran maka supervisor perlu melakukan pengecekan jumlah total penerimaan dan sisa uang pada cash register

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Pengawasan Internal Perusahaan dengan Odoo CE
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday