Setelah kita mengirimkan barang ke pelanggan tentu kita ingin menagihnya supaya kita mendapatkan arus kas masuk.

Penagihan pelanggan atau customer invoice pada Odoo 15 Community adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Mencari sales order yang dapat ditagih

    Kita masuk ke aplikasi Sales dan kemudian masuk menu To Invoice | Orders to Invoice seperti pada gambar di atas dan memilih sales ordernya.
  2. Pembuatan customer invoice

    Kita menekan button Create Invoice.


    Kita memilih Regular invoice dan kemudian menekan Create and View Invoice.
  3. Confirm customer invoice

    Kita melanjutkan dengan Confirm.


    Tampak customer invoice yang sudah disahkan.


    Tampak informasi tab Journal Items.
    Informasi mengenai cut off ada di https://www.odoo.com/forum/help-1/what-is-the-purpose-of-cut-off-date-in-the-journal-items-of-a-bill-184688 .


    Tampak informasi tab Other Info.
  4. Pencetakan Customer Invoice

    Kita melanjutkan ke Print | Invoices untuk melankuna pencetakan tagihan pelanggan.


    Tampak tampilan pencetakan dalam pdf yang siap dicetak ke printer.
  5. Journal Entries

    Kita kemudian masuk ke aplikasi Accounting dan masuk ke menu Accounting | Journal Entries untuk melihat jurnal yang dihasilkan. Kita kemudian menuju ke journal itemnya.


    Tampak journal item yang dihasilkan.
  6. Laporan keuangan profit and loss

    Kita kemudian ingin melihat laporan keuangan laba rugi yang bisa diakses dari menu Reporting Profit and Loss.
    Catatan: untuk menghasilkan laporan profit loss seperti di atas silahkan membaca seting Account Reports di  https://www.proweb.co.id/articles/odoo-umkm/debug-pnl.html .
  7. Laporan keuangan Balance sheet

    Kita kemudian ingin melihat laporan keuangan Balance Sheet yang bisa diakses dari menu Reporting | Balance Sheet.
    Catatan: Laporan keuangan balance sheet sudah dimodifikasi seperti dijelaskan pada https://www.proweb.co.id/articles/odoo-addons/debuging-balance-sheet.html .
  8. Laporan Partner Ledger pada Reporting | Partner Ledger


  9. Laporan Partner Ageing pada Reporting | Partner Ageing

  10. Menggunakan Anglo-Saxon Accounting
    Pada artikel ini kita melihat bahwa pengakuan COGS terjadi saat pengesahan customer invoice. Dengan demikian maka kita menggunakan Anglo-Saxon Accounting.
    Informasi lebih lanjut mengenai Anglo-Saxon Accounting dan Continental Accounting silahkan mengunjungi https://www.odoo.com/documentation/15.0/applications/inventory_and_mrp/inventory/management/reporting/inventory_valuation_config.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Penagihan Pelanggan atau Customer Invoice dengan Odoo Community
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday