Pada saat kita mengisi equipment dalam work center yang ada di aplikasi Manufacturing Odoo ERP kita diminta mengisi expected Mean Time Between Failure atau MTBF. Dari sini kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan MTBF atau Mean Time Between Failure.

Secara mudah kita memahami MTBF adalah waktu rata-rata suatu mesin akan mengalami kerusakan atau out of service atau tidak dapat digunakan. Secara rumus kita dapat memahaminya sebagai:
total_jam_operasional / jumlah kerusakan.

Berkaitan dengan artikel ini ada juga MTTR atau Mean Time To Repair yang berarti waktu yang dibutuhkan untuk melakukan troubleshoot dan perbaikan suatu peralatan atau equipment.

Ada juga MTTF yang merupakan kependekan dari Mean Time To Failure yang menunjukkan waktu rata-rata operasional suatu alat sebelum rusak dan tidak dapat diperbaiki. Dengan demikan MTTF juga disebut average lifespan of asset.

Dengan mengetahui mengetahui MTBF maka kita dapat membuat perkiraan berapa kali kegagalan yang mungkin terjadi dalam suatu kurun tertentu misalnya dalam setahun. Kita juga perlu menganalisa apa penyebab kegagalan mesin sehingga breakdown dapat dicegah. Jika perusahaan berhasil mencegah breakdown pada peralatan-peralatan produksinya maka proses produksi akan lancar dan tidak terganggu.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.fiixsoftware.com/maintenance-metrics/mean-time-between-fail-maintenance/ .
2. https://en.wikipedia.org/wiki/Mean_time_between_failures .
3. https://www.fiixsoftware.com/maintenance-metrics/mean-time-to-repair-maintenance/ .
4. https://www.fiixsoftware.com/maintenance-metrics/mean-time-to-failure/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Pengertian MTBF atau Mean Time Between Failure
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday