Kita telah membahas mengenai sensor yang berperan sebagai mata, kulit, hidung dan telinga yang merasakan sesuatu kemudian menyampaikan informasi ke controller yang berperan sebagai otak manusia. Controller yang berperan sebagai otak manusia ini kemudian menyampaikan instruksi ke actuator yang berperan sebagai tangan manusia untuk menjalankan sesuatu tugas.

Secara sederhana aktuator ini dipahami sebagai penggerak misalnya memutar tuas, memindahkan barang atau hal-hal lain seperti halnya tangan. Aktuator ini menerima control signal dari controller untuk menjalankan sejumlah instruksi. Otomasi industri tidak lengkap tanpa adanya aktuator.

Actuator menerima sinyal dari controller dan juga suatu sumber energi yaitu electric atau listrik, pneumatic atau udara, atau hydraulic atau air. Ketika actuator menerima sinyal dari sumber energi ini maka actuator akan mengubah energi yang diterima menjadi energi untuk melakukan sesuatu set instruksi yang telah diprogram.

Penggunaan actuator secara umum adalah pembukaan dan penutupan katup. Katup-katup yang letaknya sangat jauh tidak mungkin dilakukan manual oleh tangan manusia sehingga perlu dilakukan oleh actuator yang dikendalikan melalui sumber energi yang telah ditentukan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian Actuator pada Otomasi Industri
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday