Electric motor atau motor listrik secara umu digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Motor listrik ini termasuk aktuator yang mengubah tenaga listrik menjadi gerakan memutar. Dalam kehidupan sehari-hari kita akan mendapatkan penerapan motor listrik pada kipas angin, mesin cusi, blender listrik, mainan mobil-mobilan dan lain-lain.

Penerapan motor listrik dalam industri antara lain pada pompa, blower, mixer, conveyor atau ban berjalan dan lain-lain. Penggunaan motor listrik pada berbagai peralatan di rumah maupun di industri menunjukkan bahwa motor listrik merupakan penemuan penting dalam bidang kelistrikan. Motor listrik dapat diklasifikasikan berdasarkan sumber daya, konstruksinya, penerapan dan tipe gerakannya.

Berdasarkan sumber energinya electric motor atau motor listrik dibagi menjadi dua yaitu DC motor atau direct current motor dan AC motor atau alternating current motor.

Kemudian DC motor dibagi menjadi brushed dan brushless. Brushed ini dibagi lagi menjadi permanent magnet, series wound, shunt wound dan compound wound.

Sedangkan AC Motor dibagi menjadi synchronous dan asynchronous.

Untuk wiring atau perkabelan ada star connection dan delta connection.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Electric Motor atau Motor Listrik pada Otomasi Industri
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday