Dalam dunia teknologi informasi kita mungkin pernah atau sering mendengar vulnerability. Apakah pengertian dari vulnerability ini ? Secara terjemahan bahasa Indonesia, pengertian dari vulnerability adalah kerentanan. Kita dapat meluaskan artinya kepada kelemahan.

Kelemahan ini dapat terjadi pada perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software, aplikasi yang dikembangkan perusahaan bahkan kelemahan dari manusia sendiri. Kelemahan pada hardware misalnya ada lubang keamanan pada processor, kelemahan pada aplikasi misalnya bisa menembus ke user administrasi, kelemahan pada aplikasi misalnya penyusupan sql injection, kelemahan pada karyawan misalnya menggunakan password yang mudah.

Vulnerability atau kelemahan ini kemudian memiliki peluang digunakan sebagai pintu masuk di mana hacker akan menyerang sistem kita. Dengan melakukan penetration testing ini kita akan mengidentifikasi vulnerability-vulnerability yang ada, mencoba masuk malalui vulnerability dan tentu saja melakukan saran-saran menutup vulnerability ini sehingga sistem menjadi aman.

Dari sisi internal perusahaan staf informasi teknologi biasanya melakukan update untuk menutup lubang-lubang ini. Kemungkinan lain mengurani resiko karena lubang keamanan ini adalah membatasi dengan memperbolehkan akses hanya melalui VPN server perusahaan. Dengan penggunaan VPN server ini akan menghambat hacker untuk dapat masuk ke server perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian vulnerability pada keamanan siber