Kalau kita sebelumnya telah mempelajari caching mengenai halaman-halaman web pada PWA, maka kita perlu mempelajari juga mengenai database yang bisa digunakan PWA pada browser. Untuk database yang bisa digunakan PWA pada browser kita dapat menggunakan IndexedDB.

Dengan IndexedDB ini kita dapat menyimpan data pada browser secara permanen sehingga aplikasi PWA dapat berjalan tanpa harus terhubung dengan server. Dengan cara ini aplikasi dapat berjalan secara cepat karena tidak perlu meminta informasi ke jaringan internet.

Pada IndexedDB ini kita dapat menyimpan data dengan format terstruktur dalam ukuran yang cukup besar. IndexedDb ini merupakan transactinal database system mirip dengan RDBMS. Perbedaan IndexedDB dengan RDBMS adalah IndexedDB berbasis Javascript Object sedangkan RDBMS berbasis table.

Sesuai namanya yaitu IndexedDB kita dapat memahami adanya sistem indexing dalam IndexedDB ini. Kita dapat menggunakan IndexedDB untuk menyimpan dan mengambil data berbentuk object dengan menggunakan suatu key. Operasional yang dijalankan oleh IndexedDB adalah asinkron.

Mengenai limit space yang digunakan oleh IndexedDb ini menurut https://developers.google.com/web/fundamentals/instant-and-offline/web-storage/offline-for-pwa adalah 6% dari free disk space.

Untuk teknik programmingnya kita dapat menggunakan idb.js yang dapat dipelajari di https://github.com/jakearchibald/idb .

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi:
1. https://developer.mozilla.org/en-US/docs/Web/API/IndexedDB_API .
2. https://developer.mozilla.org/en-US/docs/Web/API/IndexedDB_API/Basic_Concepts_Behind_IndexedDB .
3. https://www.tutorialspoint.com/html5/html5_indexeddb.htm .
4. https://developers.google.com/web/fundamentals/instant-and-offline/web-storage/offline-for-pwa .
5. https://github.com/jakearchibald/idb .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian IndexedDB pada PWA
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday