Kita mengetahui bahwa kondisi jaringan internet yang dialami pengguna smartphone tidak selalu lancar. Ada kalanya pengguna smartphone tidak bisa terhubung sama sekali dengan jaringan internet yang bisa diakibatkan karena masalah di providernya, masalah di smartphonenya ataupun juga karena kehabisan quota.

Dengan kondisi jaringan yang tidak 100% lancar ini maka kita perlu memikirkan bagaimana caranya agar aplikasi PWA kita tetap dapat menemani pengguna dan dapat diakses dengan kondisi-kondisi yang telah kita tentukan sesuai kebutuhan pengguna. Untuk tetap dapat menemani pengguna dalam kondisi jaringan yang kurang baik atau bahkan offline ini, aplikasi kita perlu dapat merespon pengguna dengan konten-konten yang kita siapkan saat kondisi offline.

Untuk merespon pengguna aplikasi PWA saat kondisi offline ini kita perlu mendownload konten yang diperlukan supaya aplikasi tetap berjalan meskipun kondisinya offline. Proses mendownload content dalam PWA ini kita sebut sebagai caching.

Berbagai strategi caching dalam PWA antara lain:

  1. Hanya Cache
    Aplikasi PWA dengan strategi ini melakukan caching seluruhnya dan tidak pernah mengambil data dari network selama menjalankan aplikasinya. Tentu saja ada periode tertentu di mana cache ini dianggap expired dan cache secara otomatis akan terupdate.
  2. Hanya Network
    Aplikasi PWA ini selalu mengambil data dari network. Keuntungannya adalah selalu mendapatkan informasi terbaru. tetapi jika terjadi masalah di jaringan, aplikasi akan lama diaksesnya atau muncul pesan error.
  3. Cache kemudian network
    Aplikasi PWA dengan strategi Cache kemudian network ini pertama-tama akan menampilkan informasi dari cache, jika cache tidak ada maka akan mengambil informasi melalui jaringan atau network. Keuntungan aplikasi ini adalah lebih cepat diakses.
  4. Cache kemudian network sambil masukkan ke cache lagi
    Strategi caching ini adalah mirip seperti strategi yang ketiga dengan tambahan saat mendapatkan informasi di network, maka aplikasi PWA ini juga melakukan caching untuk content yang belum masuk caching.
  5. Network kemudian cache
    Pada strategi ini aplikasi PWA akan mencari informasi di jaringan, jika ada masalah di jaringan internet maka akan menampilkan informasi dari cache

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Berbagai strategi caching PWA
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday