Setelah kita belajar mengenai dasar-dasar dari theme WordPress maka kita akan membahas mengenai fungsi-fungsi dasar yang perlu kita pelajari dalam mengembangkan WordPress theme.

Theme functionality yang perlu kita pelajari antara lain

  1. Custom header
    Dengan menggunakan custom header ini maka pengguna WordPress dapat menambahkan sendiri image headernya.
    Tutorial mengenai custom header WordPress ini dapat dibaca di https://developer.wordpress.org/themes/functionality/custom-headers/.
      
  2. Sidebar
    Pada fungsi sidebar ini kita akan membuat area yang dapat diisi oleh widget-widget. Pembelajaran mengenai sidebar WordPress ini dapat dibaca di https://developer.wordpress.org/themes/functionality/sidebars/ .
     
  3. Widget
    Pada fungsi widget ini kita akan membuat objek-objek PHP yang dapat ditempatkan pada sidebar. Pembelajaran mengenai widget WordPress ini dapat dibaca di https://developer.wordpress.org/themes/functionality/widgets/ .
      
  4. Menu navigasi
    Pada fungsi menu navigasi ini kita akan meregister menu ke dalam theme WordPress dan menampikan menu tersebut ke dalam theme WordPress. Informasi lebih lanjut mengenai menu navigasi WordPress ini silahkan mengunjungi https://developer.wordpress.org/themes/functionality/navigation-menus/ .
     
  5. Template taksonomi
    Pada fungsi template taksonomi ini kita akan membuat kustom taksonomi. Tutorial lebih lanjut mengenai template taksonomi pada WordPress ini silahkan mengunjungi https://developer.wordpress.org/themes/template-files-section/taxonomy-templates/ .
      
  6. Pagination
    Pada fungsi pagination kita akan belajar mengenai pemecahan suatu daftar isi halaman-halaman dipecah dalam paging. Pembelajaran mengani pagination dalam WordPress dapat dibaca di https://developer.wordpress.org/themes/functionality/pagination/ .
     
  7. Comment
    Pada fungsi comment ini kita akan mempelajari template comment pada WordPress. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai template comment ini silahkan membaca tutorialnya di https://developer.wordpress.org/themes/template-files-section/partial-and-miscellaneous-template-files/comments/ .
      
  8. Media
    Pada fungsi media ini, kita akan melakukan kustomisasi pada media yang diupload melalui WordPress. Media yang dapat diupload antara lain image, audio dan video. Untuk belajar lebih lanjut mengani media dalam WordPress ini silahkan mengunjungi https://developer.wordpress.org/themes/functionality/media/ .
  9. Fitur Image dan Post Thumbnail
    Fitur image dan Post thumbnail ini adalah image yang mewakili sebuah halaman. Pembelajaran mengenai fitur image dan Post thumbnail dalam WordPress dapat dipelajari di https://developer.wordpress.org/themes/functionality/featured-images-post-thumbnails/ .
     
  10. Post Format
    Pada fungsi Post Format ini kita akan melakukan kustomisasi pada tampilan post. Informasi lebih lanjut mengenai fungsi Post Format dalam WordPress silahkan mengunjungi https://developer.wordpress.org/themes/functionality/post-formats/ .
      
  11. Internationalization
    Fungsi internalization ini berhubungan dengan penggunaan theme WordPress dalam berbagai bahasa di dunia. Informasi lebih lanjut mengenai internationalization dalam WordPress dapat dibaca di https://developer.wordpress.org/themes/functionality/internationalization/ .
      
  12. Localization
    Pada fungsi localization ini kita akan melakukan translasi theme internasional. Informasi lebih lanjut mengenai localization dapat dibaca di https://developer.wordpress.org/themes/functionality/localization/ .
     
  13. Accesibilty
    Pada fungsi accesibility ini kita merancang agar website WordPress kita mudah diakses dalam berbagai situasi. Informasi lebih lanjut mengenai accessibilty dalam WordPress silahkan mengunjungi https://developer.wordpress.org/themes/functionality/accessibility/ .
      
  14. Administration Menu
    Pada fungsi Administration Menu pada WordPress ini kita akan memberikan menu setting tambahan pada situs WordPress kita. Informasi lebih lanjut mengenai fungsi Administration Menu dapat dibaca di  https://developer.wordpress.org/themes/functionality/administration-menus/ .
  15. Halaman 404
    Pada halaman 404 ini kita akan melakukan kustomisasi untuk halaman yang sebenarnya tidak ada, tetapi pengguna website masuk ke sana. Kustomisasi halaman 404 pada WordPress dapat dibaca di https://developer.wordpress.org/themes/functionality/404-pages/ .

Informasi lebih lanjut mengenai Theme Functionality dalam WordPress dapat dibaca di https://developer.wordpress.org/themes/functionality/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Fungsi-fungsi dalam WordPress theme
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday