RBL merupakan kependekan dari Realtime Blackhole List. Kita memahami RBL ini sebagai bagian mengetahui reputasi dari suatu IP Address dengan melakukan query seperti DNS secara realtime.

Dengan teknologi ini maka suatu mail server dapat mengecek reputasi sebuah IP Address sebelum memutuskan mau menerima atau menolak email yang datang dari suatu IP address. Jika hasil query menunjukkan reputasi yang baik untuk IP tersebut maka mail server tentu akan menerima email yang dikirimkan oleh IP address tersebut. Sebaliknya jika pada query tersebut ternyata mendapatkan hasil bahwa reputasi IP tersebut jelek maka mail server tersebut tentu akan menolaknya.

MagicSpam mendukung penggunaan RBL sebagai salah satu penangkal spam, tetapi dengan peringatan bahwa penggunaan RBL ini akan meningkatkan penggunaan sumber daya mail server. Efek samping dari teknologi RBL ini adalah penurunan kinerja mail server jika query ke server RBL mengalami gangguan.  Salah satu RBL yang digunakan dalam MagicSpam ini adalah The CBL Composite Blocking yang beralamat di http://cbl.abuseat.org .

Sebagai sistem administrator mail server kita tentu akan memperhitungkan asas biaya dan manfaat dari setiap konfigurasi yang kita buat. Begitu juga kita harus memperhitungkan antara kegunaan RBL dan tentu saja kinerja server.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

RBL untuk menangkal spam
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday