Berbicara mengenai kualitas informasi, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menyajikan kualitas informasi yang baik

  1. Dimengerti
    Dalam menyampaikan informasi tentu kita harus mengerti kepada siapa ita berbicara. Kalau berbicara kepada staf teknik, kita boleh membicarakan detail sampai hal teknis. Kepada team manajemen kita harus menggunakan bahasa lebih umum dan informasi bersifat singkat tanpa istilah teknis yang rumit.
    Secara umu dalam organisasi yang bersifat vertikal, informasi yang disampaikan ke bagian atas manajemen semakin bersifat intisari, semakin ke bawah informasi akan semakin detail.
  2. Relevan
    Informasi harus relevan dengan apa yang dibahas. Kita harus pandai-pandai menentukan lingkup informasi supaya apa yang disampaikan jelas, tidak melebar ke mana-mana.
  3. Tepat pada waktunya
    Informasi harus tepat datang pada waktunya sebelum mengambil keputusan. Kalau informasi yang dibutuhkan terlambat sampai maka keputusan akan tidak tepat.
  4. Netral
    Informasi harus bersifat netral tanpa ada kepentingan yang dibawa, jika ada kepentingan yang dibawa informasi bisa dibelokkan dalam penginterprestasiannya.
  5. Akurat
    Informasi haruslah akurat misalnya personal, angka , tempat dan rentang waktu.
  6. Lengkap
    Informasi haruslah lengkap dari beberapa sudut pandang.
  7. Dapat diverifikasi
    Informasi harus dapat diverifikasi kebenarannya lewat data program, lewat apa yang benar-benar terjadi dan lewat kesaksian orang lain

Informasi yang berkualitas sangat diperlukan dalam menentukan keputusan bisnis. Untuk merancang adanya informasi yang berkualitas perusahaan harus merancang system agar mempunyai data dan analisa yang akurat. Salah satu bidang yang termasuk dalam merencanakan system yang mempunyai informasi yang berkualitas adalah menggunakan aplikasi ERP. Tentu saja supaya ERP efisien harus didukung dari pihak manajemen dan dilindungi dengan SOP (System Operating Procedure) .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Kualitas informasi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday