Dalam memilih jasa webhosting, kita mungkin mendapatkan tawaran unlimited hosting dengan harga yang sangat murah. Bagaimana kita menyikapi ini ? Kita akan melihat dari sisi infrastruktur, model bisnisnya dan perilaku konsumennya.

Dari segi infrastruktur tidak ada yang unlimited. Kapasitas hardisk terbatas, kapasitas memory terbatas, kapasitas processor terbatas juga kapasitas jaringan terbatas.

Bagaimana kira-kira penyedia bisa memberikan kapasitas unlimited ini? Para penyedia jasa mempunyai asumsi bahwa rata-rata pemakaian hosting adalah x GB,  jadi mereka tinggal mengalikan jumlah client yg akan ditampung dengan x tadi ketemulah kapasitas hardisk yang dibutuhkan tersebut.

Dari segi pelanggan, pelanggan pasti tidak peduli mengenai kapasitas hardisk karena unlimited. Mereka akan menaruh banyak data di server tadi baik yang digunakan atau tidak digunakan.

Ada perbedaan antara cara pandang penyedia dan tingkah laku pelanggan. Penyedia mengansumsikan space tertentu pada setiap pelanggan, di sisi pelanggan terus menumpuk datanya terutama data email. Dengan perbedaan ini penyedia berusaha membuat batasan lain. Hal-hal yg sering dilakukan provider untuk melakukan pembatasan adalah

  1. Menambah batasan tambahan jumlah file
    Pada saat kita mndaftar hosting unlimited, batasan ini tidak ada. Tetapi seiring waktu, jasa penyedia hostng unlimited space kewalahan sehingga membuat batasan baru yaitu batasan tambahan jumlah file.
  2. Mensuspend account yang dianggap menggunakan resources berlebihan.
    Efek samping unlimited space adalah space yang digunakan banyak dan tentu saja mempengaruhi memory, processor dan bandwidth jaringan. Pelanggan yang pemakaian resourcenya di luar asumsi penyedia akan disuspend yang artinya sama dengan mengusirnya.

Dengan kondisi di atas performa server unlimited space hosting kemungkinan akan turun dan pelanggan akan kecewa. Kita dapat melakukan survey kekecewaan pelanggan dengan melakukan search di Google dengan keyword ‘kecewa penyedia’, ganti penyedia dengan jasa unlimited space hosting tersebut.  Dari hasil search kita akan melihat banyak kekecewaan pelanggan terhadap penyedia tersebut.

Dari analisa di atas silahkan mempertimbangkan ulang menggunakan jasa unlimited space hosting dengan harga murah. Pilihlah jasa hosting yang nama perusahaannya jelas dan ada kantor yg jelas. Pastikan juga kantornya dapat didatangi jika anda mempunyai kesulitan. Pelajari paketnya, pilihlah paket berdasarkan space yang dibatasi ,  cek lagi apakah paketnya masuk akal atau tidak. Kalau harga wajar, tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal silahkan ambil. Provider yang memberikan harga berdasarkan space sebenarnya lebih fair dalam menginformasikan layanannya.

PT Proweb Indonesia menyediakan layanan web hosting kepada setiap pelanggan yang websitenya dibuat oleh PT Proweb Indonesia. PT Proweb Indonesia tidak memberikan layanan web hosting untuk website yang dibuat web developer lain. Tujuannya adalah supaya kinerja server tetap baik sehingga client-client PT Proweb Indonesia puas terhadap layanan web hosting PT Proweb Indonesia.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Menyikapi unlimited space hosting
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday