Bagian penting dalam presentasi adalah menguasai situasi.

Pertama-tama kita harus mengetahui tujuan mengapa kita melakukan presentasi.
Pertama mungkin calon pelanggan ingin melihat produk kita.
Bagian keuangan dari perusahaan yang kita kunjungi ingin melihat harga produk kita.
Kita ingin meyakinkan bahwa produk kita sesuai dengan yang mereka harapkan.
Dengan mengenali tujuan kita melakukan presentasi baik dari sisi diri kita maupun pihak yang melihat presentasi kita, kita akan terdorong untuk memberikan presentasi yang akan mengakomodasi kebutuhan setiap audience.

Situasi kedua adalah di mana anda akan memberikan presentasi. Untuk ruangan yang kecil dan jumlah orang sedikit mungkin tidak akan mengalami masalah karena suara akan terdengar dengan baik.
Bagaimana kalau banyak orang dan di luar gedung di mana sulit jika semua orang bisa mendengarkan? Dalam kasus ini pastikan bahwa orang yang paling berkepentingan bisa mendengar dengan baik.

Situasi ketiga adalah apakah bisa berkomunikasi dengan peserta? Jika bisa akan sangat baik karena akan lebih menghangatkan suasana dan meningkatkan perhatian peserta.

Situasi keempat adalah kenalilah audience atau pendengar anda. Siapa pendengar anda, apakah bagian marketing, bagian produksi, bagian teknis atau direksi? Apa yang membuat mereka mendengarkan presentasi anda? Sampai seberapa dalam mereka mengenal jenis produk anda? Apa yang ingin mereka ketahui ? Kira-kira bagaimana kesan mereka terhadap presentasi kita?

Situasi kelima adalah waktu. Jika waktunya singkat kita hanya menjelaskan yang penting-penting saja. Jika waktu panjang kita bisa memberikan presentasi yang lebih detail.
Berkaitan dengan waktu, kita harus menghormati waktu mereka. Jika ada yang ingin melanjutkan pekerjaan yang lain kita harus mengijinkankan.

Itulah situasi-situasi yang harus kita kuasai saat melakukan presentasi.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Menguasai situasi saat presentasi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday