Perusahaan perlu mencari calon-calon pelanggan baru dalam menjalankan usahanya. Secara umum kita berusaha mencari kontak supaya kita dapat memberikan informasi produk kita, menyaring opportunity yang mungkin tertarik dengan produk kita, memberikan penawaran, melakukan follow up atau tindak lanjut hingga kita memenangkan opportunity ini.

Konsep pengelolaan opportunity adalah seperti gambar di bawah ini

Basic CRM dan Pipeline pada Odoo ERP adalah seperti penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Daftar opportunity

    Kita masuk aplikasi CRM dan tampak daftar opportunity-opportunity yang ada.
  2. Membuat Opportunity

    Kita melanjutkan dengan CREATE opportunity yang baru.


    Kita memilih salah satu Contact.


    Kita melanjutkan pengisian opportunity yang baru.


    Tampak tampilan dengan tambahan opportunity yang baru.
  3. Meningkatkan opportunity stage dengan drag

    Kita dapat memindahkan opprtunity dari satu stage ke stage berikutnya.


    Tampak perpindahan opportunity dari satu stage ke stage yang lain. Perhatikan perubahan amount pada setiap opportunity stage. Kita kemudian masuk ke opportunity yang baru saja kita buat.
  4. Detail dari opportunity

    Kita kemudian masuk detail dari opportunity seperti gambar di atas.


    Tampak Extra Information pada opportunity tersebut.
  5. Meningkatkan stage dari detail opportunity

    Kita dapat meningkatkan stage dengan mengklik stage seperti gambar di atas.


    Tampak informasi opportunity dengan stage yang baru.
  6. Me-rename opportunity

    Pada waktu kita mendaftarkan opportunity mungkin belum tahu apa peluangnya. Seiring dengan komunikasi dengan pelanggan mungkin kita sudah tahu apa opportunity yang sebenarnya. Di sini kita dapat mengubah nama opportunity secara lebih spesifik seperti gambar di atas.


    Tampak tampilan daftar opportunity dengan salah satu opportunity yang sudah kita rename.
  7. Menambahkan stage

    Kita dapat menambah stage seperti pada gambar.


    Kita dapat melanjutkan ke Edit Stage.


    Tampak pengisian edit Stage seperti gambar di atas.
  8. Predictive Lead Scoring

  9. Reporting Pipeline

    Kita masuk ke Repoting | Pipeline untuk melihat report.


    Kita dapat memasukkan Filter pada report.


    Tampak Measures pada report.


    Kita dapat melakukan grouping pada report.


    Kita dapat memilih chart pada reporting ini.


    Tampak Measures pada reporting.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/id_ID/slides/slide/crm-basics-and-pipelines-618 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=YUZb1tX4IFA .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Basic CRM dan Pipeline pada Odoo ERP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday