Setelah kita menerima barang yang merupakan bagian dari purchasing cycle maka kita akan menerima tagihan dari vendor dan tentu membayarnya.

Proses create bill dan register payment pada aplikasi Purchase Odoo ERP adalah seperti berikut ini

  1. Create Bill

    Setelah kita menerima barang maka kita akan menerima tagihan dari vendor. Tagihan dari vendor ini kemudian kita catat dengan CREATE BILL seperti gambar di atas.


    Tagihan dari vendor yang kita sudah masukkan masih berstatus Draft. Kita akan mengesahkan tagihan ini dengan mengklik POST seperti gambar di atas.
  2. Register Payment dan Validate Payment

    Kita tentu akan membayar tagihan dari vendor. Kita akan mencatat pembayaran pada aplikasi REGISTER PAYMENT seperti gambar di atas.


    Kita kemudian memasukkan jumlah payment yang sudah dilakukan dan klik VALIDATE seperti gambar di atas.


    Tampak tagihan sudah berstatus PAID seperti gambar di atas.
  3. Informasi PO

    Dari informasi tagihan ini kita kemudian dapat masuk ke Purchase Order seperti gambar di atas.


    Pada informasi di Purchase Order ini kita dapat melihat jumlah barang yang dipesan, jumlah barang yang sudah diterima dan jumlah barang yang sudah ditagih.
  4. Informasi Receipt

    Dari informasi pada Purchase Order kita dapat masuk ke informasi Receipt seperti gambar di atas.


    Tampak informasi Recepit dari Purchase Order.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/slides/slide/purchase-basics-and-your-first-request-for-quotation-623 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=ik6IyqWKQ5w .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

 

Create Bill dan Register Payment pada Odoo ERP
Tagged on:
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday