Perusahaan akan dapat memberikan layanan yang baik jika dapat mengirimkan barang tepat waktu kepada pelanggan. Di sisi lain juga perusahaan akan memiliki efektifitas kerja jika hanya menyimpan barang-barang yang pasti dibeli pelanggan. Di sini kita dapat membuat strategi mengenai jumlah barang yang perlu ada di dalam gudang dan juga proses otomatis membeli jika jumlah barang di gudang melewati jumlah minimal yang ditetapkan. Di sini kita dapat membuat reordering rule.

Reordering rule pada Odoo ERP adalah seperti penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Masuk ke product

    Kita masuk ke product seperti gambar di atas.


    Kita masuk ke Reordering Rule untuk product tersebut.
  2. Membuat reordering rule

    Kita mulai dengan CREATE.


    Silahkan mengisi seperti contoh di atas.
  3. Tab purchase

    Kita kemudian masuk ke tab purchase untuk product tersebut dan klik Add a line untuk menambahkan vendor.


    Kita menambahkan vendor untuk product tersebut beserta harga yang telah disepakati.


    Kita kemudian men-SAVE product tersebut.
  4. Mencoba membuat sales order dan confirm

    Kita membuat sales order dan tampak ada warning untuk product tersebut.


    Jika kita klik maka kita melihat stock yang tidak mencukup untuk sales order ini.


    Kita kemudian confirm sales order ini.
  5. Melihat Delivery Order

    Dari Sales Order kita kemudian masuk ke Delivery seperti pada gambar di atas.


    Tampak delivery ini masih WAITING proses yang lain dalam hal ini purchase order.
  6. Masuk ke product

    Kita masuk lagi ke product tersebut.


    Kita kemudian masuk ke Reordering rule seperti gambar di atas.
  7. Run scheduler

    Kita masuk ke reordering rule seperti gambar di atas.


    Kita klik Run the scheduler seperti gambar di atas.


    Kita jalankan RUN SCHEDULER.
    Proses scheduler ini sebenarnya akan dijalankan otomatis oleh Odoo setiap hari sekali.
  8. Melihat daftar RFQ dan confirm

    Setelah Run Scheduler maka akan muncul secara otomatis RFQ atau Request For Quotation seperti gambar di atas.


    Kita melanjutkan dengan CONFIRM ORDER.
    Jika kita perhatikan quantity yang diorder – nanti yang akan dikirim oleh so terpesan = maximum quantity.
  9. Receive product

    Kita melanjutkan dengen Receive Product seperti gambar di atas.


    Kita kemudian melakukan VALIDATE all untuk Receive ini.
  10. Melanjutkan ke sales order sebelumnya

    Kita masuk ke sales order yang tertunda tersebut dan klik Delivery seperti gambar di atas.
  11. Memproses delivery order

    Kita mengecek apakah stoknya ada dengan mengkil CHECK AVAILABILITY seperti gambar di atas.


    Kita melanjutkan dengan VALIDATE all delivery order ini.
  12. Jika ingin menjalankan semua schedule

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/slides/slide/reordering-rules-625 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=y1b18-c3F_s .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

 

Reordering Rule pada Odoo ERP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday