Pada saat tagihan-tagihan vendor dimasukkan ke Odoo, kita dapat dengan mudah membayar vendor pada harga yang benar dan waktu yang tepat. Waktu yang tepat ini berarti tidak terlambat dan tidak terlalu cepat sesuai dengan kebijakan dari vendor. Oddo juga memberikan laporan umur hutang atau biasa disebut aged payables balances. Kita juga dapat melakukan pengawasan pada tagihan yang diterima sesuai dengan informasi pada modul Purchase dari Odoo dan juga informasi pada pembelian-pembelian sebelumnya.

Untuk mendaftarkan tagihan vendor kita dapat memasukkan ke vendor bill dan memasukkan invoicenya sebagai Vendor Reference,  memasukkan product line, memastikan jumlah barang dan nilai yang ditagih benar,  dan juga keseluruhan tagihan beserta pajaknya benar. Secara umum kita hanya perlu memasukkan harga produknya tanpa pajak dan Odoo akan menghitung sendiri pajaknya.

Setelah tagihan divalidated maka akan mengupdate jurnal barang dan pajak pada debit, hutang pada kredit. Bisa juga biaya dan pajak pada debit dan hutang pada kredit.  Proses validasi ini juga akan memperbarui Profit & Loss dan juga Balance Sheet.
Untuk mencatat pembayaran kepada vendor kita dapat masuk ke Register Payment. Setelah divalidated maka akan terjadi jurnal Hutang pada Kas dan akan memperbarui Balance Sheet.

Odoo juga menyajikan laporan Aged Payable untuk memantau hutang dagang perusahaan kita.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/documentation/14.0/applications/finance/accounting.html .
2. https://www.odoo.com/documentation/14.0/applications/finance/accounting/overview/process_overview/supplier_bill.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Vendor Bill hingga Payment pada Odoo ERP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday