Mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang ada adalah cara meningkatkan penjualan. Semua team sales mengalami kehilangan sejumlah pelanggan tertentu dalam tiap tahunnya. Pelanggan-pelanggan datang dan pergi tiap tahunnya. Jika pelanggan yang pergi melebihi pelanggan baru maka merupakan lampu merah bagi perusahaan. Team sales harus berusaha keras agar pelanggan yang baru lebih banyak daripada pelanggan yang pergi.

Untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru, kita harus mempunyai lebih banyak prospek baru. Oleh karena itu team sales harus berusaha keras mendapatkan sumber-sumber untuk mendapatkan prospek-prospek yang baru. Sumber prospek baru ini berbeda-beda tergantung jenis industrinya.

Beberapa sumber untuk mendapatkan prospek baru antara lain

  1. Data anggota asosiasi
    Untuk industri yang pelanggannya juga anggota tertentu, maka team sales bisa mendapatkan daftar anggota dari asosiasi terkait.
     
  2. Observasi
    Ada usaha-usaha tertentu yang target pelanggannya misalnya kontraktor. Team sales bisa memantau di suatu area apakah ada proyek pembangunan baru di mana dia dapat menjualkan suatu produk atau jasanya.
  3. Koran dan majalah
    Industri farmasi mungkin akan mencari berita pembukaan suatu klinik atau rumah sakit baru. Klinik baru dan rumah sakit baru ini akan diprospek untuk mendapatkan peluang penjualan. Kita juga dapat melihat pemasang iklan dan mencari pemasang iklan yang merupakan target pasarnya.
  4. Mengikuti pameran
    Dalam kota-kota besar biasanya ada tempat-tempat untuk menyelenggarakan pameran. Perusahaan dapat membuka stand di pameran. Calon pembeli akan datang ke dalam pameran tersebut, pada kesempatan inilah kita menarik calon pembeli untuk datang dan mendapatkan data-data sebagai prospek
  5. Mendatangi pameran
    Kalau sebelumnya kita mengikuti pameran untuk mendapatkan prospek, kita juga dapat aktif mendatangi pameran untuk mencari prospek karena di dalam pameran tersebut kita dapat mendapatkan informasi perusahaan-perusahaan yang mungkin merupakan target pasar kita.
  6. Lingkungan
    Sales di bidang properti akan melihat tetangga sebagai prospek. Ia akan menjalin hubungan baik dengan tetangga untuk mendapatkan informasi rumah yang akan dijual dan juga siapa yang sedang mencari properti.
     
  7. Membeli dari penyedia data
    Team sales juga dapat membeli data dari penyedia data tertentu.
     
  8. Pelanggan kita
    Kepada pelanggan yang sudah membeli produk atau jasa kita, kita dapat meminta referensi calon pelanggan yang mungkin membutuhkan jasa kita.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Menemukan prospek
× Ada yang dapat saya bantu ?