Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman yang paling cepat digunakan pada saat ini atau setidaknya pada saat artikel ini ditulis. Dengan perkembangan bahasa PHP sendiri telah melahirkan berbagai framework PHP antara lain Code Ingniter, Yii, Zend, Laravel dan lain-lain. Tujuan dari pembuatan framework ini adalah supaya ada struktur yang jelas dalam pemrograman sehingga ada konsistensi membuat program dan memudahkan dalam melakukan pemeliharaan aplikasi yang telah dibuat.

Banyaknya framework PHP mungkin membuat kita bingung memilih yang mana. Untuk sedikit membantu, maka kita akan melihat sejarah framework yang menurut saya termasuk framework yang besar saat ini. Jadi pemilihan saya ini tentu subyektif, jika anda tidak setuju silahkan melakukan riset lebih lanjut.

Kita dapat melihat sejarah framework PHP ini untuk menebak trend ke depan. Kita juga perlu melakukan riset bagaimana situasi masing-masing framework PHP ini, sebera aktif komunitasnya, seberapa lengkap dokumentasinya, komitmen dari pembuat framework dan seterusnya. Bagi yang sudah memilih salah satu framework mungkin tetap perlu berjaga-jaga untuk melihat ke depan apakah framework yang saat ini digunakan masih relevan dalam lima tahun ke depan. Jika sudah tidak relevan lagi perlu memikirkan untuk ke upgrade ke versi yang lebih tinggi pada framework yang sama atau mencoba framework yang lain.

Tentu hasil riset dari setiap programmer PHP berbeda-beda, dan itu merupakan pilihan dan tanggung jawab dari masing-masing programmer. Selama aplikasi dapat digunakan untuk kemajuan umat manusia, maka silahkan menggunakan masing-masing dari framewotk PHP yang dipilihnya.

Sejarah besar framework PHP adalah:

  1. Tahun 2004:
    – Prado 1
      
  2. Tahun 2005:
    – CakePHP 1
    – Symfony 1
    – Prado 2
      
  3. Tahun 2006:
    – CodeIgniter 1
    – Zend Framework 1
    – Prado 3
      
  4. Tahun 2007:
    – Kohana 1
    – Kohana 2
      
  5. Tahun 2008:
    – Yii 1
      
  6. Tahun 2009:
    – Kohana 3
     
  7. Tahun 2010:
    – Zend Framework 2
    – Symfony 2
      
  8. Tahun 2011:
    – CodeIgniter 2
    – Laravel 1
    – Laravel 2
    – CakePHP 2
      
  9. Tahun 2012:
    – Laravel 3
      
  10. Tahun 2013
    – Laravel 4
    – Yii 2
      
  11. Tahun 2015
    – Laravel 5

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://github.com/pmjones/php-history .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Sejarah framework PHP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday