PostgreSQL memiliki arsitektur client/server. Dengan demikian mana setiap session PostgreSQL terdiri dari dua proses yaitu

  1. Proses di server
    Proses di server akan melakukan pengaturan file, meneriman koneksi database dari aplikasi client, dan melakukan aktifitas database sesuai permintaan client.
    Program database di server ini disebut sebagai postgres.
  2. Aplikasi client
    Aplikasi client ini akan menghubungi server database untuk melakukan aktifits database. Aplikasi client ini dapat berupa command line yang menggunakan text, sebuah aplikasi dengan graphical user interface, suatu web server yang mengakses database ataupun juga tool untuk melakukan manajemen database.

Dalam artitektur client/server pada PostgreSQL ini antara client dan server dapat mengguakan host yang berbeda dengan cara menggunakan jaringan TCP/IP. Server database PostgreSQL dapat menangani banyak koneksi pada waktu yang bersamaan. Master proses dari database akan selalu berjalan menunggu permintaan koneksi database dari client. Begitu ada permintaan koneksi maka akan dibuat proses baru yang tidak tergantung dari master proses tadi.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://www.postgresql.org/docs/12/tutorial-arch.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Arsitektur Database PostgreSQL
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday