Prinsip kerja dari  REST API ini adalah client akan menganggap  server sebagai object yang dapat dibuat, diupdate, dihapus dan juga dibaca. Jadi pada pelaksanaannya akan ada create dengan request POST, update dengan request PUT atau PATCH, hapus dengan request DELETE, dan baca dengan request GET.

REST merupakan kependekan dari Representational State Transfer. REST ini merupakan web service yang bersifat stateless, jadi setiap kali request harus menyertakan semua data dan parameter dengan lengkap. REST ini bersifat client dan server. Client REST akan meminta sesuatu ke REST server, REST server kemudian akan memberikan response, client REST ini kemudian akan menampilkan hasilnya atau melakukan pemrosesan yang lain.

Response yang diberikan dari REST server ke REST client dapat berupa HTML, XML, JSON atau yang lain. Tetapi secara umum orang banyak menggunakan JSON karena formatnya yang mudah dipelajari dan digunakan.

REST ini memiliki standarisasi dalam pemakaian yaitu mengenai URL dan HTTP verbs.  Dengan menggunakan URL yang sama kita dapat melakukan 5  operasional berdasarkan HTTP verbs. Secara teknis HTTP verbs ini adalah $_SERVER[‘REQUEST_METHOD’].

Standarisasi HTTP verbs atau $_SERVER[‘REQUEST_METHOD’] ada 5 yaitu

  1. GET: untuk membaca sebuah record atau daftar record
  2. POST: untuk menambah sebuah record
  3. PUT: untuk mengupdate semua field dalam sebuah record
  4. PATCH: untuk mengupdate beberapa field dalam sebuah record
  5. DELETE: untuk menghapus sebuah record

Dengan adanya standarisasi tersebut maka pihak-pihak yang menggunakan REST API akan menghemat dokumentasi karena menganggap pengguna mengerti mengenai HTTP-HTTP verbs di atas. Pembuat dokumentasi tidak perlu menjelaskan bagaimana membaca sebuah data, menambah data, mengupdate data maupun menghapus data. Dengan demikian maka akan sangat membantu dalam dokumentasi.

Itulah pengertian REST API, kemudian web service yang menerapkan arsitektur REST ini kemudian disebut RESTful web service. Dengan standarisasi ini makan REST API semakin populer melebihi web-web  service yang sudah ada sebelumnya yaitu SOAP dan WSDL.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.restapitutorial.com/ .
2. https://restfulapi.net/ .
3. https://www.ietf.org/rfc/rfc2616.txt .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda .

Pengertian REST API
× Ada yang dapat saya bantu ?