Pengertian web services adalah layanan dari sebuah web server yang memungkinkan komunikasi antara satu mesin yang satu dengan mesin yang lain melalui jaringan berbasis IP Address. Tujuan dari komunikasi ini antara lain mendapatkan informasi dari penyedia web services, mengupdate data melalui web services dengan data terbaru atau menghapus data yang sudah tidak relewan lagi. Secara praktis kita melihat bahwa aplikasi yang ada di perangkat mobile kita berinteraksi dengan server di cloud menggunakan web services.

Untuk dapat berkomunikasi dengan baik maka perlu melakukan kesepakatan mengenai format yang digunakan dan juga field-field yang digunakan. Format yang digunakan dapat berupa WSDL (Web Services Description Language). SOAP (Simple Object Access Protocol) atau REST (Respresentation State Transfer).

Secara umum web services dibedakan menjadi dua yaitu

  1. REST-compliant web services
    Web services REST-compliant ini akan menggunakan operasional-operasional yang sudah didefinisikan dalam arsitektur REST. Dengan mengikuti arsitektur REST ini maka akan mengurangi dokumentasi berhubungan dengan operasional CRUD (Create Read Update Delete). Sebagai tambahan operasional-operasional dalam arsitektur REST ini bersifat ‘stateless’.
  2. Web service yang lain di mana dapat mendefinisikan sendiri cara-cara operasionalnya

Kita akan meneruskan pembahasan-pembahasan kita pada REST-compliant web services.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda .

Pengertian Web Services
× Ada yang dapat saya bantu ?