OOP atau Object Oriented Programming juga dikembangkan dalam bahasa pemrograman PHP. Framework-framework berbasis PHP lahir untuk membuat pemrograman di php memakai style pemograman berorientasi object.

Framework-framework berbasis OOP antara lain CI (Code Ignitor) dan YII. Framework-framework ini memisahkan antara bisnis proses dan tampilan. Dalam bahasa teknisnya adalah memisahkan Model dari View. Antara model dan view dihubungkan dengan controller. Gaya pemisahan ini kemudian dikenal dengan MVC(Model View Controller). Dengan konsep OOP yang dimplemantasikan dalam MVC ini maka kita dapat mengembangkan aplikasi yang besar berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP.

Berdasarkan pengamatan penulis, framework yang mudah dikembangkan adalah YII. Kelebihan dari YII adalah: dokumentasi yang lengkap, ada code generator berbasis web dan pengembangan yang masih dilakukan terus.

Contoh pemrograman berbasis OOP misalnya kita ingin membuat database karyawan.
Class model yang akan digenerate adalah : models/Karyawan.php
Controller yang akan digenerate adalah: controllers/KaryawanController.php
Pada KaryawanController.php akan ada actionCreate, actionUpdate, actionView , actionAdmin dan actionDelete
Kemudian pada views akan dihasilkan views/karyawan/create.php, views/karyawan/update.php views/karyawan/view.php dan file-file pendukung view lainnya.

Programmer yang akan mengembangkan aplikasi dianjurkan untuk belajar framework YII sebelum membuat coding secara manual. Dengan Mempelajari framework YII terlebih dahulu maka akan sangat menghemat waktu development dibandingkan dengan membuat coding secara manual.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

OOP dalam PHP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday