OOP atau Object Oriented Programming adalah teknik pemrograman berbasis object. Pemrograman dibagi dalam object-object kemudian di dalam object-object ini ada property dan method. Property ini lebih dikenal dengan variable yang bersifat public dan method ini merupakan function. Object-object ini bisa diperluas lagi dengan inheritance atau turunan. Object-object turunan ini biasa dipakai untuk membuat object yang merupakan modifikasi dari object lain

Dengan pengelompokan-pengelompokan ini maka programming akan terstruktur dengan baik dan mudah dimanage. Bahasa programming yang sudah mengimplementasikan OOP adalah C++ dan Java. Pemograman PHP akhir-akhir ini juga dikembangkan menjadi bahasa pemrograman berbasis OOP (Object Orieented Programming) dengan lahirnya framework-framework berbasis PHP.

Apakah OOP cocok untuk semua kasus ?
OOP cocok untuk pemrograman yang kompleks atau direncanakan kompleks karena sangat mempermudah pemeliharaan. Untuk program yang sederhana tidak perlu menggunakan OOP karena akan tidak efisien.

Apakah OOP cocok untuk semua programmer?
Konsep OOP perlu diajarkan untuk software developer. Untuk project yang kompleks programer harus memahami OOP, untuk project yang sederhana tidak harus menggunakan OOP.

Project yang perlu OOP antara lain akuntansi, ERP dan CRM. Tanpa disain yang baik, project-project itu akan mengalami kesulitan dalam pemeliharaan. Jika didisain dengan baik, maka kita dengan mudah membuat membuat pengelompokan coding-coding yang ada sehingga kita mudah memanagenya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

OOP adalah
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday