Dalam pembelian barang, mungkin ada barang yang ingin kita kembalikan dan tidak jadi membeli barang tersebut. Oleh karena itu invoice juga harus disesuaikan dengan barang yang kita kembalikan.

Proses bisnis purchase order adalah seperti disajikan gambar berikut ini

  1. Purchase return – draft
    Staf dari bagian gudang akan memasukkan barang apa saja yang akan dikembalikan.
  2. Purchase return – execute
    Kepala bagian gudang akan mengesahkan purchase return.
    Pada tahap ini stock akan berkurang. Proce unit untuk bahan yang dikembalikan tidak mengalami perubahan.
  3. Update invoice – draft
    Staf bagian finance/keuangan akan mengupdate invoice yang harus dibayar sesuai dengan pengembalian ini
  4. Update invoice – sah
    Invoice disahkan oleh kepala bagian finance.
    Pada proses ini akan mengupdate account payable (debit) dan inventory (credit).
    Price unit juga terupdate supaya data akuntansi inventory sesuai dengan data masing-masing persediaan.

Pada tahap ini tidak ada update data akuntansi inventory. Tetapi supaya data ini bisa sesuai dengan data sebenarnya, kita perlu mengkalkulasi selisih barang yang diterima dan belum dikirimkan kembali supaya kita bisa melihat dengan kesesuaian data akuntansi untuk inventory dan hpp.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Proses bisnis purchase return
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday