Untuk website yang sangat aktif dalam posting, maka jumlah posting akan selalu bertambah. Salah satu fasilitas untuk website dengan cukup banyak posting adalah daftar judul dari setiap halaman posting. Jika judul ini banyak sekali maka kita mengelompokkan daftar ini menjadi misalnya tiap 10 judul, 10 judul pertama ada dihalaman pertama, 10 judul kedua ada di halaman kedua, sepuluh halaman ketiga ada di halaman ketiga. Hal inilah yang dimaksud dengan pagination pada WordPress.

Pada WordPress seting untuk menentukan jumlah daftar judul yang akan dimuat per halaman ditentukan pada seting Admin – Settings – Reading – Blog pages show at most.

WordPress memiliki banyak function untuk melink ke halaman halaman lain terkait pagination ini. Ada function yang dibuat untuk sebuah single page dan ada function-function yang digunakan untuk archive.
Metode paling sederhana yang dapat digunakan dalam pagination adalah function posts_nav_link(). Function ini akan menghasilkan link untuk halaman sebelumnya (previous page) atau halaman selanjutnya (next page).
Kita juga dapat mengatur penempatan previous page dan next berturut-turur dengan menggunakan function previous_posts_link() dan next_posts_link().

Untuk tampilan yang lebih baik berkaitan dengan pagination ini, kita juga dapat menampilkan paging dengan halaman-halaman angka, di mana pengguna dapat langsung loncat ke halaman tertentu. Untuk pagination menggunakan angka ini kita dapat menggunakan function the_posts_pagination().

Untuk single page, kita juga dapat menggunakan pagination. Untuk single page artikel ini kita mungkin dapat menebak bahwa berkaitan dengan pagination ini maka kita akan menampilkan halaman sebelum artikel tersebut dan halaman sedudah artikel tersebut. Untuk menampillkan link halaman sebelumnya kita dapat menggunakan function previous_post_link(). Untuk menampilkan link halaman sesudahnya kita dapat menggunakan function next_post_link().

Contoh source code terkait pagination dapat kita lihat pada tutorial situs WordPress seperti contoh di bawah ini

<?php if ( have_posts() ) : ?>
    <!– Add the pagination functions here. –>
     <!– Start of the main loop. –>
    <?php while ( have_posts() ) : the_post(); ?>
     <!– the rest of your theme’s main loop –>
    <?php endwhile; ?>
    <!– End of the main loop –>
    <!– Add the pagination functions here. –>
 <div class=”nav-previous alignleft”><?php next_posts_link( ‘Older posts’ ); ?></div>
 <div class=”nav-next alignright”><?php previous_posts_link( ‘Newer posts’ ); ?></div>
 <?php else : ?>
 <?php _e(‘Sorry, no posts matched your criteria.’); ?>
 <?php endif; ?>

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://developer.wordpress.org/themes/functionality/pagination/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Fungsi pagination pada WordPress
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday