Untuk menambah keakuratan bahwa pengiriman email memang benar-benar dikirim dari server kita maka kita dapat menambahkan seting DKIM. DKIM sendiri merupakan kependekan dari Domain Keys Identified Mail.

Pada DKIM ini server memiliki private key dan public key. Public key ini disebarluaskan melalui record DNS. Kemudian pada setiap pesan yang dikirimkan, ada tambahan suatu text yang dienkripsi dengan private key dan diletakkan pada header. Penerima kemudian melakukan dekripsi dengan public key pada text ini dan jika hasilnya sesuai maka penerima dapat memastikan bahwa email dikirimkan dari server yang bersangkutan.

Seting DKIM pada Zoho Secure Business Mail adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Menuju Domain List

    Kita kemudian melihat bahwa kita perlu melakukan konfigurasi pada DKIM. Kita kemudian mengklik domain tersebut.
  2. Penambahan DKIM pada Zoho

    Kita kemudian masuk ke Email Configuration | DKIM dan klik Add seperti pada gambar di atas.


    Kita kemudian mengisi Selectir name dan klik Add.


    Tampak TXT Name dan TXT Value yang berhasil kita seting pada Zoho.
  3. Penambahan DKIM pada record DNS melalui cPanel

    TXT  Name dan TXT Value tersebut kita masukkan ke DNS server dari domain tersebut. Di sini kita masuk ke cPanel kemudian menuju Zone Editor dan menambahkan record TXT pada name dan Record seperti pada gambar di atas.
  4. Hasil verifikasi

    Kita kemudian masuk kembali ke control panel Zoho dan melakukan Verify DKIM dan berhasil seperti pada gambar di atas.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.zoho.com/mail/help/adminconsole/dkim-configuration.html .
2. https://www.proweb.co.id/articles/secure-mail/memahami_dkim.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Seting DKIM pada Zoho Business Mail
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday