Pengawasan fisik atau physical control merupakan aspek penting pada cyber security untuk melindungi aset fisik, fasilitas fisik dan sumber-sumber daya perusahaan yang lain.  Pengamanan fisik ini meliputi pencegahan akses yang tidak sah, memastikan keamanan dan melakukan mitigasi serangan aset fisik. Kunci utama pengamanan aset fisik adalah sistem akses kontrol yang kokoh.

Sistem akses kontrol yang kokoh dapat menggunakan kartu akses, identifikasi bio metrik, maupun kode pin dalam memasuki suatu area tertentu. Dengan melakukan pengawasan siapa saja yang dapat masuk ke area terbatas maka perusahaan dapat meminimalisasi resiko akses tidak sah yang dapat mengkompromikan keamanan dan menyalahgunakan aset penting perusahaan.

Beberapa contoh pengawasan fisik berkaitan dengan keamanan siber adalah

  1. Akses kontrol ruang depan
    Di sini setiap memasuki ruangan maka setiap orang harus melalui verifikasi akses control maupun biometrik.
  2. Gembok biometrik
    Untuk membuka gembok biometrik ini perlu menggunakan biometrik seperti jari, pola iris mata atau pengenalan wajah untuk membukanya.
    Secara teknis sistem akan membandingkan biometrik ini dengan template identitas yang telah disimpan sebelumnya
  3. Petugas keamanan
    Perusahaan dapat merekrut petugas keamanan untuk menjaga area sesuai dengan sop yang telah ditentukan dan melakukan tindakan tegas jika ada pelanggaran keamanan.
    Petugas keamanan biasanya berada di garis depan dan memiliki tanggung jawab juga daman memonitor CCTV, melakukan patroli dan menjalankan SOP pengamanan
  4. Pagar keamanan
    Pagar keamanan akan memberikan batasan area yang boleh dimasuki. Pagar keamanan ini mencegah akses perusakan secara fisik. Biasanya pagar keamanan ini dibuat dari besi atau benda-benda yang keras.
  5. CCTV
    CCTV akan mengawasi suatu area dan merekamnya. Dengan adanya CCTV ini maka orang akan merasa diawasi sehingga dapat mencegah tindak kejahatan. Jika terjadi tindak kejahatan maka perusahaan dapat memeriksa rekamannya untuk menentukan langkah lebih lanjut
  6. Penghalang kendaraan
    Penghalang kendaraan ini untuk mencegah akses kendaraan yang tidak berhak memasuki area tertentu.
  7. Segel anti rusak
    Jika segel ini ada yang rusak berarti telah ada upaya kekerasan dalam serangan fisik.
  8. Tombol/alarm panik
    Tombol panik dapat digunakan untuk minta pertolongan atau memberitahu jika sesuatu telah terjadi. Alarm panik digunakan untuk memberikan peringatan kepada petugas akan terjadinya suatu insiden

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengawasan Fisik pada Cyber Security
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday