Dengan menggunakan VMware vSphere kita dapat merancang maksimum avalilability pada lingkungan virtual kita. Dengan kemampuan high availability ini akan memungkinkan kita mengurangi bahkan bisa menghilangkan downtime yang terencana. Dengan vSphere ini kita juga dapat mengurangi downtime tak terduga. VMware vsphere ini dapat membuat penempatan otomatis virtual machine, membuat load balancing dan mengerjakan disaster recovery plan.

Dengan menggunakan vSphere vMotion memampukan kita melakukan live migration pada virtual machine kita dari suatu vSphere host ke vSphere host lain tanpa memberikan dampak kepada pengguna. Dengan cara ini kita juga dapat melakukan maintenance server tanpa mengganggu operasional bisnis perusahaan.  Kita juga dapat melakukan konfigurasi ulang penempatan virtual machine sesuai perubahan kebijakan perubahan dan juga memindahkan virtual machine dari perangkat keras yang bermasalah ke perangkat keras yang berkinerja tinggi.
Gambar mengenai live migration dapat dilihat di https://www.vmware.com/products/vsphere/features/availability.html seperti gambar di bawah ini

VMware vSphere Motion juga dapat memindahkan file-file pembentuk virtual machine dari satu datastore ke datastore yang lain tanpa mengganggu pengguna yang sedang akses ke virtual machine tersebut.

VMware vSphere Distributed Resource Scheduler atau disingkat DRS secara terus menerus memantau penggunaan CPU dan memory pada seluruh cluster dari vSphere host dan mengalokasikan resources kepada seluruh virtual machine sesuai dengan kebutuhan masing-masing virtual machine.

Jika ada server yang bermasalah maka VMware vSphere® High Availability (HA) dapat melakukan restart virtual machine pada host lain yang dilakukan secara otomatis.  VMware vSphere® High Availability (HA) juga dapat melakukan restart jika mendeteksi kegagalan sistem operasi/

VMware vSphere Storage DRC membagi beban kerja pada storage untuk mencegah space bottleneck dan juga I/O bottleneck.

Informasi lebih lanjut mengenai High Availability pada vSphere silahkan mengunjungi https://www.vmware.com/products/vsphere/features/availability.html  dan https://www.vmware.com/products/vsphere/features/high-availability.html .

VMware vSphere Data Prrotection (VDP) merupakan solusi yang ideal untuk kebutuhan backup dan recovery. VDP memberikan solusi backup yang lebih efisien ke hardisk dibandingkan dengan backup secara tradisional.

VMware vSphere Fault Tolerance (FT)  menyediakan ketersediaan/availability yang terus-menerus bagi aplikasi dan melindunginya dari kegagalan perangkat keras dengan menyediakan  secara live virtual machine bayangan yang isinya sama dengan virtual machine utama. Dengan adanya failover antara VM bayangan dengan VM utama maka akan memperkecil atau menghilangkan kemungkinan gangguan.

Solusi vSphere Replication memungkinkan kita melakukan replikasi virtual machine daro satu host ke host lain dengan efisien. Replikasi juga bisa dijadikan solusi untuk kepentingan disaster recovery.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

High Availability pada vSphere
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday