Pada waktu merancang website menggunakan Divi kita pasti menggunakan theme Customizer. Pada saat kita melakukan customisasi mungkin kita dengan percaya diri melakukan customizer dan mengabaikan melakukan backup terlebih dahulu. Jika semuanya berjalan dengan baik tentu tidak masalah, tetapi bagaimana jika ternyata kita melakukan salah seting dan menghancurkan tampilan ? Mungkin kita dengan mudah menjawab dengan mereset theme customizer pada Divi. Tapi bagaimana caranya ?

Untuk dapat mereset tampilan Divi ke tampilan sebelum diubah maka kita butuh seting lama dari tampilan Divi. Di manakah kita bisa mendapatkan seting lama dari tampilan Divi kita ? Secara teknis kita dapat menjawab bahwa seting lama tampilan WordPress Divi kita ada di tabel _options.  Dengan demikian maka kita perlu mendapatkan backup lama dari tabel _options ini. Tetapi bagaimana kita mendapatkan backup lama dari tabel options ini ?

Jika sebelum melakukan customisasi kita sudah melakukan backup maka itu tentunya tidak masalah, tinggal apply di phpMyAdmin. Tetapi bagaimana jika tidak melakukan backup secara manual ? Jika kita tidak memiliki backup manualnya, maka kita bisa minta ke pengelola hosting untuk meminta file SQL dari database WordPress Divi kita.

Setelah kita menerima file SQL (Structure Query Language) dari pengelola hosting maka berikut langkah-langkahnya

  1. Buka Notepad++ dan seting tanpa Wrap seperti gambar di bawah ini:
  2. Membuka file backup SQL di laptop:

    Kita kemudian membuka file backup SQL dan men-select dan meng-copy bagian _options seperti gambar di atas.
  3. Paste SQL di phpMyAdmin server:

    Kita kemudian masuk ke cPanel server, masuk ke phpMyAdmin, memilih database yang sesuai dengan melakukan paste dan Go seperti gambar di atas.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai mereset theme customizer pada theme WordPress Divi  dan ada kemungkinan juga bisa diterapkan ke theme WordPress lainnya.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Reset Theme Customizer Divi
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday