Online Transaction Entry merupakan pengembangan lebih lanjut dari batch processing. Dalam Online Transaction Entry atau yang biasa disingkat dengan OLTE ini tidak perlu diperlukan entry ulang dalam proses bisnisnya.

Misalnya pada sebuah toko buku.
Pengunjung memilih toko buku kemudian membawa ke kasir dan menyerahkan sejumlah untuk pembayaran.
Kasir akan memasukkan transaksi ini ke mesin cash register dan memberikan bukti pembayaran kepada pengunjung.

Perbedaan OLTE dengan batach processing adalah pada OLTE (Online Transaction Entry) saat kasir memasukkan transaksi penjualan, transaksi tersebut dicatat dalam database lokal yang ada pada counter tersebut, jadi tidak perlu dilakukan penginputan ulang.

Pada sore harinya, data seluruh transaksi yang tersimpan ke dalam database counter itu kemudian dikirimkan ke kantor pusat untuk disatukan dalam transaksi seluruh perusahaan.

Pemrosesan OLTE (Online Transaction Entry) lebih cepat dibandingkan dengan bacth processing karena OLTE tidak perlu melakukan penginputan ulang. Pemrosesan OLTE juga lebih akurat karena tidak perlu melakukan manual penginputan ulang transaksi.

Data OLTE lebih update dibandingkan dengan batch processing. Dari sisi manajement, manajer dapat lebih cepat memberikan analisa terhadap kinerja counter maupun produk dan tentunya cepat mengambil keputusan-keputusan bisnis yang tepat.

OLTE ini banyak digunakan karena tidak mengharuskan koneksi internet terus-menerus. Koneksi internet hanya diperlukan sesaat sebelum counter buka dan sesudah setelah counter tutup untuk konsolidasi data dan transaksi.

OLTE banyak digunakan dalam transaksi food and beverages yang banyak menggunakan terminal POS (Point of Sales). Data penjualan makanan hari ini dicatat dan pada sore hari setelah counter tutup data diupload ke kantor pusat untuk dilakukan konsolidasi.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Online Transaction Entry (OLTE)
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday