Dalam internet marketing, kita menginginkan website kita masuk di urutan halaman pertama Google. Kita berpikir bahwa cara ini adalah cara yang murah karena kita tidak perlu membayar ke Google. Apakah hal ini benar ? Berikut akan kami sampaikan  antara SEO dan Google Adwords

  1. SEO
    SEO adalah Search Engine Optimization. Kita membuat sedemikian rupa sehingga website kita muncul di Google dengan keyword-keyword tertentu yang kita inginkan. Memang jika ini berhasil, kita tidak perlu membayar ke Google.
    Memang betul, kita tidak membayar ke Google, tetapi apakah berarti kita tidak mengeluarkan biaya sama sekali ? Mari kita perhatikan bagaimana SEO ini terjadi.

    Pertama-tama kita harus melihat bisnis proses Google.
    Google mempunyai bisnis mengumpulkan semua website yang ada di dunia ini, mengindeknya, kemudian saat orang melakukan searching dengan keyword tertentu, Google akan menampilkan website dengan halaman yang paling relevan sesuai searching orang tersebut. Masalahnya muncul karena banyak sekali halaman-halaman yang mempunyai keyword tersebut, terus siapakah yang akan muncul di halaman pertama ?

    Pertama Google akan menampilkan halaman yang paling relevan. Apakah definisi paling relevan tersebut ? Paling mudah ditebak adalah halaman yang mempunyai judul seperti keyword tersebut. Sebagai contoh untuk pencarian jasa SEO dia akan mencari halaman dengan judul ‘Jasa SEO’. Kemudian akan timbul masalah lagi, bagaimana seandainya banyak website yang mempunyai judul ‘Jasa SEO’?

    Secara umum, Google akan melihat seberapa kaya website tersebut. Maksudnya kaya di sini adalah berapa jumlah halaman dengan content yang berkualitas. Website yang sering diupdate dan memiliki jumlah halaman banyak akan mempunyai kesempatan untuk muncul di halaman pertama.

    Itulah prinsip umum untuk masuk di halaman pertama di samping prinsip lain seperti siapa saja yang melink ke website tersebut, dan juga di mana judul itu berada. Jika judul tersebut berada di index utama home, tentu akan lebih diprioritaskan.

    Dari hal-hal di atas berarti kita harus menyusun website kita dengan
    a. jasa konsultasi SEO, biayanya pasti mahal
    b. harus rajin membuat artikel.
    Harus memiliki team yang kuat untuk menghasilkan artikel-artikel baru. Dan karena banyak website yang melakukan hal yang sama, hasil tidak mudah diprediksi. Dengan demikian proses SEO adalah jangka panjang dan belum tentu berhasil. Untuk membuat artikel ini harus yang benar-benar experd di bidangnya, berarti kita harus menggaji karyawan yang cukup tinggi

    Tetapi keuntungan dari SEO ini adalah akan mendatangkan banyak pengunjung ke website kita meskipun belum tentu ada hubungan dengan  produk kita. Saat kita membuat artikel tentu banyak keyword-keyword lain yang tanpa kita sendiri masuk ke dalam Google, dan ini akan mendatangkan banyak pengunjung.

  2. Google Adwords
    Google Adwords adalah beriklan di Google berdasarkan keyword saat pengunjung Google melakukan pencarian.
    Saat iklan di Google Adwords ini kita bisa tahu dengan pasti berapa yang harus dikeluarkan supaya muncul di halaman pertama.
    Kita bisa mengatur kapan dan kepada siapa iklan ini akan muncul. Kita bisa memilih membayar saat tampil atau saat user melakukan klik dan masuk ke website kita.

    Internet marketing di Google Adwords adalah marketing yang disesuaikan dengan target dari calon pelanggan kita. Kita dengan mudah menentukan keyword apa yang kita pilih kemudian masuk ke halaman yang telah kita tentukan dalam website kita.
    Beriklan di Google Afwords lebih pasti dibandingkan dengan SEO, dan secara biaya bisa dikatakan lebih efisien. Perusahaan tinggal menganalisa berapa pengunjung yang lewat iklan ini, dan berapa yang terjadi transaksi. Hasil ini bisa dijadikan masukan pada bagian marketing.

Kesimpulan:
Melakukan SEO adalah internet marketing dengan proses dan tujuan jangka panjang. Jika berhasil keuntungannya adalah tidak perlu membayar Google, tetapi di satu sisi harus membayar pegawai untuk membuat artikel. Tingkat keberhasilan SEO adalah perkiraan dari kemungkinan-kemungkinan dari algoritma Google.

Internet marketing dengan Google Adwords lebih cepat dan lebih efisien dibanding dengan SEO. Perusahaan-perusahaan dianjurkan memakai Google Adwords, di samping juga tetapi melakukan update website secara terus-menerus. Dengan Google Adword kita melakukan pemasaran dengan memilih target pasar tertentu, sedangkan SEO bisa melakukan pemasaran ke banyak target

Jasa SEO
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday