Dalam menggunakan system operasi Linux, kita mungkin akan mendapatkan situasi di mana paket aplikasi yang kita inginkan tidak tersedia saat kita melakukan instalasi dengan perintah yum. Untuk mengatasi hal ini Fedora Special Interest Group membuat dan melakukan manajemen aplikasi-aplikasi yang akan ditambahkan dalam Enterprise Linux termasuk di dalamnya antara lain Red Hat Enterprise Linux (RHEL)  dan CentOs. Aplikasi-aplikasi yang ditambahkan ini disebut sebagai EPEL yang merupakan kependekan dari Extra Packages for Enterprise Linux.

Untuk mendownload EPEL silahkan masuk ke http://dl.fedoraproject.org/pub/epel/ .  Dalam lingkungan Linux kita dapat mendownload dengan perintah wget misalnya ‘wget http://download.fedoraproject.org/pub/epel/6/x86_64/epel-release-6-8.noarch.rpm’ .
Untuk meng-enable EPEL kita dapat menjalankan rpm misalnya ‘-ivh epel-release-6-8.noarch.rpm’.

Contoh instalasi aplikasi yang membutuhkan EPEL adalah instalasi OpenVpn yang dapat dibaca di http://www.proweb.co.id/articles/support/instalasi_openvpn_centos.html .

Informasi lebih lanjut mengenai EPEL dapat dibaca di https://fedoraproject.org/wiki/EPEL  dan http://www.tecmint.com/how-to-enable-epel-repository-for-rhel-centos-6-5/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian EPEL (Extra Packages for Enterprise Linux)
× Ada yang dapat saya bantu ?