Kalau kita membaca secara sepintas maka big data berarti data yang besar.  Kemudian apa maksudnya ? Apakah data 100 MB itu besar, atau yang dimaksud 1 GB atau 100 Gb atau 1 Tera ?

Pengertian Big Data bukan berarti besarnya data yang kita punya. Big Data berarti sekumpulan data yang sangat besar yang tidak dapat ditangani oleh aplikasi database biasa, misalnya data search engine.

Mari kita melihat search engine. Dengan aplikasi biasa database tradisional maka kita sangat kesulitan mengumpulkan data seluruh web yang ada di muka bumi. Kesulitan juga akan muncul saat menganalisa dan melakukan searching mengenai topik tertentu. Dalam kasus penanganan search engine ini kita memerlukan aplikasi yang berjalan bersama-sama pada puluhan bahkan ratusan server. Inilah contoh dari big data.

Perkembangan internet yang pesat dewasa ini misalnya aktivitas di social media, peralatan yang menggunakan internet seperti yang dibahas dalam internet of things akan menghasilkan big data. Saat ini muncul banyak penyedia layanan big data yang mulai diaplikasikan dalam perusahaan.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi http://en.wikipedia.org/wiki/Big_data .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian Big Data
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday