Suatu ketika ada keluhan bahwa email di kantor yang menggunakan iRedMail tidak dapat mengirimkan email ke relay server. Setelah melakukan pengecekan queue dengan perintah postqueue -p terlihat informasinya:

delivery temporarily suspended: Cannot start TLS: handshake failure

Penulis kemudian panik karena banyak email penting harus dapat disampaikan. Penulis kemudian berdoa supaya Tuhan berbelas kasihan, sudah lama penulis tidak melakukan riset mengenai email server ini. Dan Puji Tuhan karena Tuhan memberikan pertolongan.

Penulisa kemudian melakukan riset dengan keyword ‘delivery temporarily suspended: Cannot start TLS: handshake failure‘  dan sangat bersyukur menemukan link https://support.plesk.com/hc/en-us/articles/115004053313-Messages-are-not-delivered-to-the-particular-server-TLS-handshake-failure . Dari web ini ternyata adalah adalah adanya perbedaan cipher antara main server kami dengan relay server.

Kami kemudian mencoba perintah openssl:

openssl s_client -connect mail.me***.co.id:587 -starttls smtp

Kemudian saya mencoba update opensslnya

yum update openssl

Kemudian restart server.

Kemudian melakukan pengiriman queue yang ada dengan perintah postqueue -f dan puji Tuhan email bisa dikirimkan dengan baik.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi  https://support.plesk.com/hc/en-us/articles/115004053313-Messages-are-not-delivered-to-the-particular-server-TLS-handshake-failure .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengatasi TLS handshake failure
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday