Dalam menjalankan bisnisnya perusahaan memiliki rekening di bank di mana pelanggan -pelanggan akan mengirimkan pembayarannya ke rekening tersebut. Pada pelaksanaannya ada beberapa pelanggan yang mengirimkan pembayaran pada hari yang yang sama maupun pada nilai yang sama. Dengan demikian maka ada transaksi di bank yang berhasil diidentifikasi pembayaran dari pelanggan mana dan ada transaksi yang belum diketahui pembayaran terebut diperuntukkan untuk customer invoice yang mana.

Dengan penjelasan di atas maka akan ada bank statement yang sudah dipasangkan dengan customer invoice dan ada bank statement yang belum dipasangkan dengan customer invoice. Catatan bank statement yang sudah dipasangkan dengan customer invoice ini disebut sebagai catatan bank statement yang sudah direkonsiliasi, sedangkan catatan bank statement yang belum dipasangkan dengan customer invoice disebut belum direkonsiliasi.

Prinsip rekonsiliasi bank pada Odoo ERP adalah

  1. Unreconciled journal

    Pada bank statement yang belum direkonsiliasi belum bisa dipasangan antara catatan bank dan customer invoice seperti digambarkan pada tampilan di atas.
  2. Reconciled Journal

    Bank statement yang sudah dipasangkan dengan customer invoice akan disebut sudah direkonsiliasi seperti pada tampilan di atas.
  3. Reconciled Bank Statement

    Prinsip lebih luas dari rekonsiliasi bank adalah teridentifikasi catatan bank statement dengan pergerakan transaksi yang tercatat pada Odoo ERP.
  4. Accounting Dashboard

    Tampilan di atas adalah tampilan dashboard aplikasi Accounting pada Odoo ERP.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/slides/slide/bank-statements-and-reconciliation-672 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=EvBHkv7x0-0 .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Prinsip Rekonsiliasi Bank pada Odoo ERP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday