Untuk mendapatkan pelanggan yang setia tentu kita perlu memperhatikan kepuasan dari staf dan terlebih lagi kepuasan pelanggan seperti pada gambar di bawah ini

Untuk proses pengerjaan project adalah seperti ilustrasi berikut ini

Jika proses pengerjaan proyek dapat berjalan baik maka ada hubungan yang baik dengan pelanggan seperti digambarkan pada gambar berikut ini

Untuk menilai kepuasan pelanggan kita dapat menerapkanfitur customer rating pada project.

Penerapan Customer Rating pada Project Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Mengaktifkan customer rating pada aplikasi Project

    Kita masuk ke aplikasi Project dan masuk ke menu Configuration | Settings dan mengaktifkan fitur Customer Ratings.


    Kita kemudian melihat pilihan untuk Periodic rating seperti pada gambar di atas.


    Kita memilih Rating when changing stage kemudian SAVE.
  2. Mengaktifkan customer rating pada project yang bersangkutan

    Kita masuk ke dashboard dari aplikasi Project dan melakukan Edit untuk project Repairs.


    Kita masuk ke tab Settings dan mengaktifkan fitur Customer Ratings dengan pilihan Rating when changing stage.
  3. Menuju project task

    Dari salah satu project ini kita kemudian masuk ke Tasks.
  4. Edit stage Done

    Kita menuju ke task stage posisi Done kemudian melakukan Edit Stage.


    Tampak pada posisi Done ini ada template email di mana pelanggan dapat mengisi Rating.
  5. Edit stage New

    Kita kemudian menuju task stage New dan melakukan Edit Stage.


    Pada stage New ini tampak ada Email Template dan diisi dengan Task: Reception Ackowledgment.
  6. Menuju Task List

    Kita kemudian berpindah dari kanban view ke list view untuk task.
  7. Membuat task baru atau New task

    Kita melanjutkan dengan CREATE task untuk project Repairs ini.


    Kita kemudian melakukan SAVE untuk task baru ini.


    Pada bagian chatter tampak ada log mengenai pengiriman email sesuai dengan Email Template.
  8. Menyelesaikan task atau Done task

    Kita kemudian menyelesaikan task ini dengan menekan Done seperti pada gambar di atas.


    Pada bagian chatter tampak ada pengiriman email yang memberi kesempatan kepada pelanggan untuk memberikan penilaian.
  9. Simulasi feedback customer atau customer rating

    Kita masuk ke aplikasi Settings dan masuk ke Messages.


    Kita kemudian memilih salah satu smile.


    Kita kemudian mengirimkan Feedback

    Ucapan terima kasih dari sistem.
  10. Ke Project List

    Kita kemudian masuk ke dashboard aplikasi Project dan tampak informasi customer rating pada setiap projectnya.
  11. Melihat Customer Rating

    Dari aplikasi Projecy kita kemudian masuk ke menu Reporting | Customer Ratings.


    Tampak informasi customer rating.


    Tampak informasi customer rating dengan tambahan filters.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1.  https://www.odoo.com/id_ID/slides/slide/customer-rating-1624 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=i_A1EnUl9LE .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Penerapan Customer Rating pada Project Odoo ERP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday