Dalam menjalankan proyek perusahaan seorang staf mungkin mengeluarkan biaya-biaya yang akan direimburse. Biaya-biaya itu seharusnya juga sudah dimasukkan ke dalam budget atau anggaran perusahaan seperti pada gambar berikut ini

Biaya-biaya seperti biaya perjalanan biasanya akan di-reinvoice kepada pelanggan seperti pada gambar berikut ini

Reimburse expense ke customer pada Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Mengaktifkan fitur billable

    Kita masuk ke aplikasi Project dan melakukan Edit untuk project terkait yaitu Repairs.


    Kita mengaktifkan fitur Billable: Invoice your time and material to customers.
  2. Melihat Expense Product

    Kita masuk ke aplikasi Expenses dan masuk ke menu Configuration | Expense Products.


    Kita memilih product yang terkait project ini yaitu Metro.


    Perhatikan seting pada Invoicing Policy dan Re-Invoice Expenses.
  3. Melihat seting email penerima expense dan email pengirim expense

    Pada aplikasi Expenses ini kita menuju menu Configuration | Settings dan menset Incoming Emails tempat menampung penerimaan reimburse expense.


    Kita kemudian masuk ke aplikasi Employees dan memilih salah satu staf.


    Di sini kita memperhatikan seting email dari staf. Email ini diperbolehkan mengirimkan email tagihan.
  4. Pengiriman email berkaitan dengan reimburse expense

    Tampilan pengiriman tagihan expense dari staf ke server.


    Tampak tampilan email yang ada di Sent item.
  5. Melihat di aplikasi Expense

    Kita masuk ke aplikasi Expenses dan menuju My Expenses | All My Expenses.


    Tampak tagihan yang dikirimkan dari staf ke server tampak sudah masuk ke dalam aplikasi Expense. Kita kemudian masuk ke tagihan tersebut.


    Kita kemudian mengedit bagian Customer to Reinvoice.


    Kita kemudian mengedit Analytic Account terkait project ini yaitu Repairs.


    Kita melanjutkan ke CREATE REPORT.


    Kita melanjutken ke SUBMIT TO MANAGER.


    Kita melanjutkan ke APPROVE.


    Kita melanjutkan ke POST JOURNAL ENTRIES.


    Tampak expense yang sudah diposting.
  6. Melihat project updates

    Kita menuju Project Updates dari project Repairs.


    Kita menuju Expenses.


    Tampak biaya-biaya pada Analytic Account Repairs.


    Kita kembali ke project updates dan menuju ke Gross Margin.


    Tampak informasi dari Gross Margin, perhatikan item tambahan seperti pada gambar di atas.
  7. Membuat customer Invoice

    Kita kemudian masuk ke Sales Order dan tampak ada Sales Order yang terbuat otomatis sesuai field Reinvoiced Customer. Kita kemudian masuk ke sales order ini.


    Kita kemudian melanjutkan dengan CREATE INVOICE untuk sales order yang dibuat secara otomatis ini.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/id_ID/slides/slide/expenses-1607 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=hcvE2Vc41Xs .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Reinvoice Expense ke Customer pada Odoo ERP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday