Fase ini merupakan fase yang sangat penting dalam melakukan jasa penetration testing. Mungkin penyedia jasa dapat menyebutkan kelemahan-kelemahan yang ada yang dimiliki oleh client, tetapi bukankah hal ini juga dapat dilakukan oleh staf IT client. Jika jasa penetratration hanya sampai menunjukkan pada kelemahan-kelemahan saja maka sepertinya masih kurang. Di sini jasa penetration testing harus dapat membuktikan ke client bahwa sistemnya dapat diterobos.

Jika jasa penetrataion testing tidak dapat membuktikan adanya penerobosan sistem, maka pihak manajemen dari client akan menganggap bahwa kelemahan tersebut hanya teori saja. Sebaliknya jika jasa penetration testing dapat membuktikan adanya penerobosan sistem dan dapat menjelaskan lebih lagi apa yang dapat diterobos maupun apa dampaknya bagi client maka pihak client bisa menjadi tercengang dan benar-benar merasakan manfaat dari jasa penetration testing ini.

Di sini jasa penetration testing perlu membuat strategi apa yang akan ditembus dari kelemahan-kelemahan yang ada. Jasa penetration testing dapat menentukan serangan terbesar apa yang dapat dilakukan, serangan yang lebih ringan dan serangan ringan. Penyedia jasa penetration testing dapat saja melakukan eksploitasi di bagian ringan dulu, jika client  merasa sudah cukup dan percaya maka tidak perlu ditingkatkan ke lebih tinggi.

Tetapi tentu saja kita tidak boleh sampai di sini saja dalam penetration testing. Masih ada tahap berikutnya dalam jasa penetration testing ini.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Fase exploitation dalam penetration testing
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday