Pada artikel mengenai pembuatan plugin WordPress yang sederhana kita telah menyinggung mengenai hooks. Apakah itu hooks ? Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian hooks pada WordPress. Pengertian hooks secara literal adalah mengkaitkan atau menghubungkan.

Pengertian hooks pada WordPress adalah untuk berinteraksi untuk membuat modifikasi WordPress Core. Ada dua macam hooks yaitu Action dan Filters. Untuk menggunakan salah satu dari Actions atau Filters kita perlu membuat custom functions yang dikenal dengan Callback, dan kemudian diregistrasikan dengan hooks pada action atau filter yang khusus.

Actions digunakan untuk menambah data atau mengubah bagaimana WordPress bekerja. Pada actions ini tidak mengembalikan ke pemanggil hook. Pembahasan mengenai Actions dapat dibaca di https://developer.wordpress.org/plugins/hooks/actions/ .

Filters digunakan untuk mengubah data pada saat menjalankan WordPress. Callback functions pada Filters akan menerima variabel, memodifikasi dan mengembalikannya ke pemanggil hook. Pembahasan mengenai Filters dapat dibaca di https://developer.wordpress.org/plugins/hooks/filters/ .

Demikianlah pengertian hooks pada WordPress di mana hooks ini dibagi menjadi dua yaitu Actions dan Filters. Pada artikel berikutnya kita akan membahas mengenai Action VS Filter.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://developer.wordpress.org/plugins/hooks/ .
2. https://developer.wordpress.org/plugins/hooks/actions/ .
3. https://developer.wordpress.org/plugins/hooks/filters/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian Hooks pada WordPress
× Ada yang dapat saya bantu ?