Untuk kerahasiaan data gaji staf maka aplikasi payroll atau penggajian biasanya terpisah dengan aplikasi operasional perusahaan. Sebagai bagian dari penentuan dari gaji yang akan diterima karyawan maka ada data-data yang perlu dimasukkan ke dalam aplikasi payroll misalnya data kehadiran dan dapat cuti. Data-data ini dimasukkan dalam periode tertentu misalnya sebulan sekali sesuai periode penggajian perusahaan.

Data attendance dan time off yang perlu diexport kemudian diimport ke aplikasi payroll pada Odoo 15 Community adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Data attendance atau data kehadiran

    Kita masuk ke aplikasi Attendance dan masuk ke menu Attendance. Kita melanjutkan ke Filter untuk mengambil data jangka waktu tertentu misalnya bulanan, kemudian memilih select all dan melanjutkan Action | Report seperti pada gambar di atas.


    Kita kemudian memilih field yang akan kita export yaitu Employee/ExternalID, Employee, Check In, Check Out, Worked hours, dan Attendance Reason. Kita kemudian melanjutkan dengan Export.


    Tampak hasil export data kehadiran karyawan yang siap diimport ke ke aplikasi Payroll.
  2. Data time off atau data cuti

    Kita melanjutkan menuju ke aplikasi Time Off dan masuk ke menu Approvals | Time Off.


    Kita memilih periode pada Filter, melakukan Select All dan kemudian menjalankan Action | Export.


    Kita melanjutkan ke pemilihan field yaitu Employee/External ID, Employee, Time Off Type, Description, Start Date, End Date, Requested (Days/Hours) dan Status. Kita kemudian melanjutkan dengan Export.


    Tampak hasil dari export data Time Off atau data cuti karyawan.
  3. Proses selanjutnya
    Aplikasi Payroll kemudian akan menerima masukan data kehadiran, data cuti, dan data hari libur untuk menentukan penyesuaian gaji. Untuk proses yang lebih otomatis maka pada server Odoo Payroll dapat menjalankan odoorpc untuk mengambil data kehadiran dan data cuti secara otomatis.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

 

Data Attendance dan Time Off untuk Payroll pada Odoo Community
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday