Dalam menyelenggarakan support ataupun helpdesk perusahaan perlu menyediakan beberapa cara kepada pelanggan dalam menanyakan sesuatu, menyampaikan keluhan dan meminta support. Secara umum pelanggan akan menyampaikan melalui email seperti pada gambar di bawah ini

Penanganan yang baik dan ramah kepada pelanggan dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dan meningkatkan penjualan seperti pada gambar di bawah ini
Penerimaan tiket support pada Helpdesk Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Memilih Helpdesk Team

    Pada aplikasi Helpdesk kita masuk ke menu Configuration | Helpdesk Teams.


    Kita kemudian memilih tim Order Status and Shipping.
  2. Seting email alias tempat penerimaan ticket
  3. Form untuk support

    Kita kemudian masuk ke bagian Website Form dan klik View the ticket submisiion page.


    Pada bagian form untuk support ini kita bisa melakukan Edit, melakukan publish maupun unpublish.
  4. Pengiriman tiket melalui form

    Pelanggan dapat menyampaikan keluhan melalui form support seperti pada gambar di atas.


    Tampak konfirmasi bahwa tiket sudah diterima.


    Konfirmasi juga bisa dilihat melalui email, kita kemudian melanjutkan dengan View the ticket.


    Tampak informasi support ticket yang dikirimkan oleh pelanggan dan sudan masuk ke aplikasi Helpdesk Odoo ERP.
  5. Pengiriman support ticket dengan pengiriman email

    Pelanggan juga dapat mengirimkan pertanyaan melalui email seperti pada gambar di atas.


    Tampak ada konfirmasi email mengenai support ticket.
  6. Customer Login

    Customer juga dapat login dengan melakukan Sign In.


    Customer kemudian memasukkan username berupa email dan juga passwordnya kemudian klik Log in.


    Tampak informasi berbagai jenis dokumen dan kita memilih Tickets.


    Tampak informasi tiket di sisi pelanggan.
  7. Daftar tiket pada tim Order Status and Shipping

    Kita kemudian masuk kembali ke dashboard aplikasi Helpdesk dan masuk ke tiket-tiker yang ada pada tim Order Status and Shipping.

  8. Ke tiket 01

    Kita melanjutkan memilih tiket pertama terbaru.


    Tampak informasi tiket terbaru pertama.
  9. Ke tiket 02

    Kita melanjutkan ke tiket terbaru 02.


    Tampak informasi tiket terbaru 02.
  10. Melihat informasi customer

    Dari informasi yang ada pada tiket kita dapat masuk ke Customer seperti pada gambar di atas.


    Tampak informasi dari customer.

  11. Send Message ke customer melalui Chatter

    Dari bagian Chatter pada tiket kita dapat mengirimkan pesan ke pelanggan seperti pada gambar di atas.
  12. Pembuatan ticket support secara manual

    Pelanggan mungkin saja menghubungi Contact Center kemudian operator membuat tiket baru dengan CREATE tiket.


    Tampak pengisian form untuk memasukkan keluhan pelanggan dan lanjutkan dengan SAVE.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/id_ID/slides/slide/receiving-tickets-1023 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=vtA9uYYI6oc .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Penerimaan Tiket Support pada Helpdesk Odoo ERP
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday